Minggu, 08 Februari 2009

Anak-anak dan Masa Kanak-kanak

Ketika berbicara mengenai anak-anak, terkadang kita menganggap mereka sebagai bentuk kecil atau miniatur dari manusia dewasa. Apakah hal itu benar? Tentu saja tidak. Anak-anak tidak sama dengan orang dewasa karena mereka sedang mengalami dua peristiwa yang sifatnya berbeda, tetapi saling berkaitan dan sulit dipisahkan, yaitu pertumbuhan dan perkembangan. Seperti dalam kitab suci Al-Qur’an dijelaskan bahwa setiap anak terlahir berdasarkan kesuciannya (fitrah) masing-masing. Karena sedang berkembang, mereka memiliki hak-hak, kebutuhan, dan tanggungjawab khusus.
Adapun yang dimaksud dengan pertumbuhan dan perkembangan adalah sebagai berikut:
a. Pertumbuhan adalah perubahan fisik yang dialami anak, misalnya perubahan tinggi badan, berat badan dan hormone.
b. Perkembangan adalah urutan perubahan sistematis, yang mengikuti pola tertentu yang dialami seseorang dalam hidupnya. Perubahan-perubahan ini dapat berupa:
• perkembangan fisik,
• perkembangan kognitif,
• perkembangan emosi,
• perkembangan sosial
Dalam memahami perkembangan anak kita perlu mengingat bahwa:
a. Setiap anak bersifat unik. Mereka mempunyai kepribadian, potensi, reaksi dan laju perkembangan yang berbeda-beda. Walaupun demikian, secara umum mereka mengikuti pola perkembangan yang sama.
b. Perkembangan seorang anak dipengaruhi oleh lingkungan serta pengalaman-pengalaman mereka. Pengalaman-pengalaman unik ini tergantung pada pola dan standar yang diset oleh orang tua melalui nilai-nilai yang diterapkan. Perkembangan anak yang tumbuh dengan situasi rumah yang ketat dan otoriter akan berbeda dengan anak yang tumbuh di rumah yang lebih bebas di mana anak dipercaya untuk bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri.
c. Agar anak dapat tumbuh dengan sehat, kebutuhan-kebutuhan dasar mereka seperti makanan, rumah, kasih sayang, perhatian, rangsangan untuk berkembang dan bimbingan harus dipenuhi. Biarpun dlam situasi sulit seperti konflik, di tempat pengungsian atau dalam taraf kemiskinan, anak-anak yang kebutuhan-kebutuhan dasarnya dipenuhi dapat tumbuh menjadi orang dewasa yang bahagia dan sehat.

0 comments:

blogger templates | Make Money Online