Minggu, 08 Februari 2009

Mengenal Kandungan Alquran

Alquran membicarakan lima topik utama:
• Pertama, mengenal Allah, nama, sifat, kerajaanNya, dan kekuasaan-Nya atas alam semesta. Ada ratusan ayat yang berbicara tentang kekuasaan Allah. Banyak di antaranya yang ditutup dengan salah satu nama-Nya yang mulia. Mengenal Allah merupakan rahasia alam kehidupan. Ia merupakan salah satu temapenting. Mari perbaharui niatmu saat membaca Alquran.
• Pokok yang kedua adalah mengenal sebab keberadaanmu di dunia ini berikut tujuanmu di dalamnya, serta bagaimana engkau diciptakan? Karena itu, kisah Nabi a.s. diulang puluhan kali dalam Alquran. Ia adalah kisah kehidupan. Topic ini mengantarmu menuju asal-usulmu dan menuju tujuan penciptaanmu.
• Topik ketiga kandungan Alquran adalah mengenal nikmat Allah atasmu. Ia adalah nikmat yang tak terhitung dan tak terhingga. “Jika kalian menghitung nikmat Allah, kalian takkan bisa menghitungnya,” (Q.S. an-Nahl: 18). Engkau bisa mengingat karunia-Nya atasmu. Hal itu bisa kau baca dalam puluhan ayat yang ada. Ia begitu berlimpah. Setiap atom yang terdapat dalam tubuh merupakan bagian dari nikmat Allah atas kita. Apalagi dengan alam sekitar kita.
• Keempat adalah mengetahui akhir hidupmu dan tempat kembalimu. Ini termasuk topik yang penting. Ada ratusan ayat yang berbicara tentang surga, neraka, hisab, siksa, saat berada di hadapan Allah, neraca timbangan, jembatan shirat, serta tempat kembali orang mukmin dan orang kafir. Banyak orang yang ingin mengetahui akhir dari topik ini. Ia adalah hasil dari ujian. Ia merupakan hasil terakhir yang takkan berulang.
• Adapun topik kelima adalah mengetahui cara memperbaiki kehidupan manusia. Karena itu, di dalamnya engkau bisa menemukan syariat dan akhlak, hudud dan hukum, serta kisah para nabi guna dipetik sebagai pelajaran. Kita bisa mengambil pelajaran dari kesalahan umat masa lalu seraya meyakini bahwa hukum Islam sesuai untuk setiap waktu dan tempat. Di sini kita memerhatikan satu hal yang penting yaitu syariat tidak melarang sesuatu kecuali untuk kemaslahatan umat manusia. Seperti kita ketahui, tujuan syariat ada lima: memelihara agama, memelihara kehormatan, memelihara harta, memelihara jiwa, dan memelihara akal. Karena itu, hukum apa pun dalam Alquran bertujuan memelihara kelima tujuan di atas. Alquran melarang zina untuk memelihara kehormatan. Ia melarang khamar untuk memelihara akal. Qisas disyariatkan untuk memelihara jiwa. Riba diharamkan untuk memelihara harta. Dakwah kepada Allah diwajibkan untuk memelihara agama.

0 comments:

blogger templates | Make Money Online