Senin, 26 Juli 2010

Hikmah Puasa 13, 14, 15 Hijriyah

Salah satu dari sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam adalah berpuasa tiga hari di setiap bulan. Sunnah ini sudah jarang diamalkan oleh kaum muslimin, kendati sunnah puasa tiga hari di tiap bulan adalah sunnah yang utama. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam dan para sahabat radhiyallahu ‘anhu senantiasa mengamalkan sunnah ini sepanjang hidup mereka dan tidak pernah meninggalkannya.

Beberapa riwayat yang shahih tentang amalan sunnah puasa tiga hari di setiap bulan adalah sebagai berikut :

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata ,

“Kekasihku (Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam) mewasiatkan kepadaku tiga hal; berpuasa tiga hari setiap bulan, melakukan dua rakaat shalat Dhuha dan melakukan shalat Witir sebelum tidur.”

(HR Bukhari 1981 dan Muslim 721)
Abu Darda Radhiyallahu ‘anhu berkata,

”Kekasihku Rasulullah Shallallahu ’Alaihi Wa sallam mewasiatkan tiga hal – aku tidak akan meninggalkannya selama aku masih hidup; berpuasa tiga hari setiap bulan, melakukan shalat Dhuha dan tidak tidur sebelum melakukan shalat Witir.”

(HR Muslim 722)

Jarir bin Abdullah radhiyallahu ’anhu berkata, Rasulullah Shallallahu ’Alaihi Wa sallam bersabda,

”Berpuasa tiga hari setiap bulan sama dengan berpuasa sepanjang masa dan hari-hari yang putih adalah tanggal 13, 14 dan 15.”

(HR An-Nasa’i 2419)
Pada penjelasan diatas mungkin para pembaca udah sangat mengetahuinya, sekarang waktunya kita berpikir, bagaimana fenomena yang terjadi pada saat tanggal tersebut terhadap kondisi bumi terhadap bulan. Yang terjadi gaya tarik bulan yang meningkat yang menyebabkan permukaan air akan meningkat, kalau kita hubungkan dengan tubuh kita yang juga terisi oleh air. Puasa ini bertujuan untuk mengatur keseimbangan air didalam tubuh.

0 comments:

blogger templates | Make Money Online